Wednesday, 17 February 2010

Surrogates.2009.=


Pada zaman sekarang, peran robot dalam kehidupan manusia sudah mulai berkembang. Mungkin yang kalian tahu adalah robot ASIMO yang memiliki fungsi sebagai robot humanoid pertama yang bisa menirukan manusia seperti menyalakan lampu, membuka pintu, membawa barang, mendorong kereta, dan perkembangan-perkembangan sampai saat ini yang bisa dilakukan ASIMO seperti mengenali bentuk wajah, berdansa atau bermain bola.
Robot yang sedang dikembangkan sekarang yaitu robot untuk keperluan militer seperti robot yang dikembangkan oleh Israel dalam peperangan dengan palestina.
Selain robot ASIMO, adapula Robonauts yang
dikembangkan pihak NASA bekerjasama dengan ilmuan
dari General Motors. Robonauts berfungsi untuk
membantu para astronot yang bekerja di stasiun
luar angkasa seperti menyelesaikan tugas yang susah,
memperbaiki teleskop, memperbaiki stasiun luar angkasa.


Ada lagi robot yang dirancang sebagai robot hewan peliharaan yaitu robot humanoid PALRO yang dikembangkan oleh Fujisoft. Dengan adanya robot hewan peliharaan, kita tidak perlu repot mengurusi kandang, memberi makan dan memandikannya. Robot PALRO sendiri memiliki kemampuan untuk memberi salam, menari mengikuti irama musik atau beraksi seperti sumo .

Robot-robot tadi merupakan perkembangan robot di kehidupan nyata pada masa sekarang. Terlihat bahwa perkembangan robot sangat pesat.




Sekarang kita beralih ke film Surrogate. Dalam film ini, menceritakan tentang penciptaan teknologi tinggi robot pengganti manusia. Dikembangkan oleh perusahaan VSI. Orang-orang bisa membeli robot yang memiliki bentuk tubuh yang mirip orang tersebut atau membeli robot yang memiliki wajah yang ganteng/cantik, atletis, besar, tinggi, dan lain-lain sesuai keinginan orang tersebut. Robot tersebut dikendalikan dari jarak jauh oleh manusia, sehingga diasumsikan robot yang kita kendalikan akan menggantikan diri kita sendiri. Contohnya, dalam menjalani kehidupan sehari-hari seperti kuliah, kita mengendalikan robot Surrogate kita dari kamar rumah dan kita menjalankannya ke kampus. Keuntungan menggunakan robot Surrogate ini yaitu kita tidak perlu khawatir akan adanya ancaman kejahatan di luar rumah sehingga keselamatan kita tetap terjaga.

Berkat adanya teknologi Surrogate ini, tingkat kriminalitas di dunia bisa menurun drastis, karena setiap individu yang menggunakan robot Surrogate bisa diawasi atau dipantau oleh pihak pusat yang berwenang.
Namun, dampak lain dari adanya robot Surrogate ini, ada pihak yang tidak menyetujui adanya teknologi ini. Dikarenakan akan merusak gaya hidup manusia, ataupun mengurangi tingkat interaksi langsung antar manusia. Faktor lain yaitu manusia akan memiliki tingkat ketergantungan terhadap robot Surrogate tersebut, disaat manusia tidak menggunakan robot tersebut, manusia tidak mampu melakukan aktivitas seperti layaknya manusia.
Konflik yang terjadi dalam film ini yaitu ternyata orang yang mengembangkan teknologi robot Surrogate yang telah dia ciptakan, ingin menghancurkan robot-robot tersebut karena akan merusak cara hidup manusia.

Cukup untuk cerita film nya, sekarang kita kembali ke dunia nyata. Ehm, apabila suatu saat nanti manusia bisa menciptakan teknologi tersebut, mungkin akan terjadi pro dan kontra terhadap teknologi tersebut. Dan pada akhirnya teknologi itu sendiri yang akan memusnahkan manusia....

Gmana mnurut kalian artikel ini, apabila kalian menggunakan robot Surrogate, robot apa yang mau kalian pakai? Yang ganteng mirip artis? Yang hebat mirip pahlawan hero? Yang ingin mirip pemain bola idolanya? Atau ingin menjadi diri sendiri?
Semua keinginan kalian bisa terwujud dengan Surrogate?

Namun, dampak apa saja yang bisa ditimbulkan dengan adanya ternologi ini??? Baik atau buruk???

11 comments:

The_Master said...

pertamaxx!!!!

kalo menurut gw dampak buruknya hampir sama kayak yang diceritain di film nya. Jika benar2 ada teknologi kayak gini hanya akan membuat manusia menjadi lebih malas untuk bergerak. Tapi kao bener2 ada jadi pengen juga, hehehe

dhieka`s story said...

kalau menurut saya dampaknya sangat amat buruk.. bisa mematikan manusia kayak di film-film doraemon.. he.. Indonesia saja belum memakai mesin untuk menabung (kita tidak perlu ke teller untuk menabung, langsung ke mesin tersebut saja) di Bank-bank karena akan mematikan fungsi teller.
gimana kalau robot tadi telah direalisasikan.
entah akan seperti apa perkembangan robot dunia kita ini. semoga tidak memberikan dampak buruk. amin....

Laras Mutiara Diva said...

keren sih kl bisa bikin robot kayak gtu..

tapi kayaknya ciptain robot dengan tujuan lain aja,, kl yang ngontrol tu robot ttp yg punya, yah sama aja boong, mending lakuin langsung aja.. dari pada mesti sibuk2 ngontrol robot..

Dra said...

ehm, kalao robot yg bisa bergerak sendiri ya kya si ASIMO... kalo di masa depan semakin lama robot itu bisa mengendalikan sendiri hingga akhirnya punya pemikiran sendiri ( serem banget...) maka akan sangat menakutkan....
robot bisa independen melakukan sesuatu yg diinginkannya... kemungkinan bisa menghancurkan manusia... kaya film artificial intelegent tuh.... kalau mw nonton film nya bisa minta langsung ke saya aj.. hehehe

Fani Benz Wulandari said...

wooooww !
review lo keren jeki..! anyway, gue udah nonton Surrogates ini..dan konsep ceritanya emang amazing banget!! tapi yaa konsep robot-robotan aka surogates itu agak sulit kalo diterapkan di kehidupan nyata. Menurut gue, resikonya terlalu tinggi untuk setiap orang punya kemampuan mengontrol sebuah surrogates. Mungkin kalo untuk bidang militer atau keamanan, model surrogates kaya gini bisa-bisa aja direalisasiin..hhahhaa :D
semangat Jek, semoga lo punya Surrogates.. :)

Mizu said...

Aku belum nonton film Surrogates, tapi sekarang jadi pingin nonton. hehe...

Robot memang dibuat pada dasarnya untuk membantu manusia, dengan cara melakukan tugas atau pekerjaan manusia. Pekerjaan yang diserahkan ke robot umumnya pekerjaan yang berbahaya atau beresiko tinggi.

jadi robot bukan menggantikan manusia, tapi membantu manusia...

fauzi said...

kalo menurut gw ada dampak baik dan dampak buruknya. memang sih kalo benar2 ada teknologi kayak gini hanya akan membuat manusia menjadi lebih malas untuk bergerak, karena semuanya serba praktis. Tapi kan robot jaga bisa digunakan untuk pekerjaan yang berbahaya atau beresiko tinggi contohnya robot penjinak bom dan lain-lain..

Dimpy Adira Ratu said...

seperti kata dosen MPO, "semakin hitech semakin lowtouch.."
kalo semua pekerjaan kita dilakukan oleh robot makin lama hidup kita makin individualis dan kurang berinteraksi dengan orang lain secara langsung...hambar ga si?
tapi enak juga kalo bbrapa pkerjaan kt dibantu robot, tapi ga ush segitunya kaya yang di Surrogates lah..hehe

Astriratma's Blog said...

weuw, aplikasi dari kecerdasan buatan :p,,
robot ini salah satu impian saya untuk memilikinya, karena menurut saya, robot sangat membantu dalam mengerjakan tugas-tugas manusia, *baca : pemalas, hehe* tapi jika kita memiliki robot,maka tentu saja akan membuat interaksi antarmanusia semakin rendah,,terlepas dari semua keunggulannya..
kalo robot diajari baik apa dia tetap akan menghancurkan manusia? hoho

Yoga Herawan said...

Tidak bisa dipungkiri lagi, semakin lama robot mmg dibutuhkan untuk beberapa hal yang rumit. Khususnya untuk pekerjaan yang dapat membahayakan manusia, seperti robot R1 dan R2, yang dpt bekerja di bumi maupun di antariksa.

Namun ya itu dia, selama robot tidak keluar dari 3 hukum robot yang ada, robot akan aman2 saja..

Dra said...

iya, benar apabila robot yg kita ciptakan memiliki batasan-batasan yg sudah di program...

tiga hukum robot:

1.Robot tidak boleh melukai manusia, atau dengan berdiam diri, membiarkan manusia menjadi celaka

2.Robot harus mematuhi perintah yang diberikan oleh manusia kecuali bila perintah tersebut bertentangan dengan Hukum Pertama

3.Robot harus melindungi keberadaan dirinya sendiri selama perlindungan tersebut tidak bertentangan dengan Hukum Pertama atau Hukum Kedua

sharethis

comment