Monday 7 September 2015

Menulis Nama Anda Di "Luar Angkasa" dengan Bintang-bintang

   Bintang-bintang di luar angkasa sangatlah banyak, satu persatu memiliki nama. Adapun nama bintang yang menggunakan nama-nama orang Indonesia. Ada kawah Planet Merkurius yang dinamai Raden Saleh, pelukis tenar era penjajahan. Juga sejumlah mantan Direktur Observatorium Bosscha, salah satunya Bambang Hidayat yang namanya diabadikan menjadi nama asteroid, 12176 Hidayat / 3468 T-3

Melalui program Galaxy Zoo sebuah proyek dari Oxford University telah mengunggah jutaan gambar galaksi yang ditangkap melalui teleskop, salah satunya Hubble. Universitas ternama itu meminta bantuan pengunjung situs untuk membantu mengklasifikasikan alam semesta sesuai dengan bentuknya.

Sejauh ini, sudah ada 250.000 orang yang ikut membantu proyek ini, mengubah data kasar menjadi unsur yang memperkaya ilmu pengetahuan. Para relawan tersebut juga membantu membuat aplikasi web cerdas yang memungkinkan anda membentuk kalimat dengan menggunakan galaksi yang bentuknya mirip huruf-huruf dalam alfabet.

Sebagai bonus tambahan, para pengguna dapat menuliskan nama mereka dengan menggunakan huruf galaksi tersebut. Galaxy Writer saat ini telah menjadi alat populer dan menyenangkan untuk pengamatan bintang, dan media promosi untuk memperkenalkan benda-benda langit. 

Anggota tim Galaxy Zoo, Dr Steven Bamford dari University of Nottingham telah menciptakan sebuah situs web, dan setiap orang dapat menulis nama mereka di "angkasa". 
Nama Anda sekarang bisa dituliskan di luar angkasa:
contohnya  :
hendra27.blogspot.com




caranya bisa dicoba di website ini http://www.mygalaxies.co.uk/


No comments:

sharethis

comment